Phrasal Verbs

Phrasal verbs adalah bagian dari kata kerja yang disebut juga dengan istilah multi-word verbs (kata kerja multikata).

Multi-word verbs, termasuk phrasal verbs, adalah hal yang umum dipakai dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Umumnya banyak orang menyebut semua multi-word verbs dengan sebutan phrasal verbs. Beberapa contoh phrasal verbs: pick up, turn on, get up, look up, break down, etc.

Phrasal verbs terdiri dari basic verb + another word or words. Kata lain yang menyertai kata kerja dasar bisa berupa preposisi dan/atau adverbia. Gabungan dua atau tiga kata yang menjadi kata kerja multikata (multi-word verbs) disebut frase (phrase). Itulah mengapa kata kerja ini disebut dengan istilah “phrasal verbs”.

Hal penting untuk diperhatikan adalah bahwa phrasal verbs tetaplah disebut kata kerja, misalnya kata “get” dan “get up” adalah sama-sama kata kerja. Tetapi “get” dan “get up” mempunyai arti yang berbeda. Meskipun berbeda arti, phrasal verbs tetap diperlakukan dan dipelajari sebagaimana umumnya kata kerja. Dan masalah yang sering dihadapi adalah ketidakjelasan makna dalam suatu kalimat karena phrasal verbs memiliki beberapa arti yang berbeda.

Phrasal verbs juga dapat berupa intransitive dan transitive.
- The witness finally broke down on the stand. (Intransitive)
- She looked up her old boyfriend. (Transitive)


No comments: